Selasa, April 16, 2013

Tata cara memakai sorban yang bernilai Ibadah


Hukun Memakai Sorban.

Pakai sorban hukumnya Sunat ketika melaksanakan shalat. Sedangkan diluar shalat juga disunatkan dengan tujuan dan niat sekedar berhias atau mempercantik penampilan.
Hukum sunat bersorban ini berpegang kepada beberapa Hadits Nabi Muhammad SAW, diantaranya Hadits Nabi yang mengatakan: "Shalat dengan pakai sorban nilainya 25 kali lebih baik dari shalat yang tidak pakai sorban, sedangkan khusus shalat Jum'at nilainya bagi yang memakai sorban adalah 70 kali lebih baik dibanding yang tidak memakainya". Kemudian Hadits Nabi lainnya mengatakan: "Allaah SWT memberikan Rahmat dan para Malaikat memintakan keampunan bagi orang-orang yang memakai sorban pada hari Jum'at".

Syarat Sunat Pakai Sorban.

Agar pahala sunat didapat syaratnya cuma satu, yaitu: Kain sorban harus diletakkan diatas kepala. Terserah mau pakai peci/kopiah dulu baru diatasnya pakai sorban atau langsung saja tanpa alas. Jadi kalau kain sorbannya cuma dililit dileher atau disampirkan dibahu itu namanya bukan bersorban, entah apa namanya, mungkin ber Syal adalah nama yang tepat, tapi yang jelas dengan demikian pahala tidak bakalan didapat.
Tentang bagaimana bentuk lilitan, panjang lebar, dan tingginya sorban, semua itu tergantung trend yang berlaku dimasyarakat.
Kalau masalah pakai ekor/juntai atau tidak pakai ekor dibelakang sorban, tentang ini ada masalah tersendiri.
Berdasarkan dalil beberapa buah Hadits Nabi, hukumnya disunatkan bersorban itu pakai ekor, tapi tidak dimakruhkan kalau tanpa pakai ekor, karena tidak ada satupun dalil yang menyatakan larangan bersorban tidak pakai ekor.

Kesimpulan masalah sorban ini, bisa juga dikatakan kuncinya, yaitu; asal kain sorban itu diletakkan diatas kepala baik berupa lilitan atau cuma dikerudungkan saja, itu sudah memenuhi kriteria bersorban yang dibenarkan Syara

4 komentar:

  1. bisa tidak diberikan dalil atau hadis Nabi yang mengatakan mendpat 25 atau 70 kali lebih baik dari yang tidak memakai...

    BalasHapus
  2. aku pernah baca haditsnya............ dan skrang nyri bgmna cra pakai sorban yg bnerr...... alhamdulillah.....

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah.. syukron.

    BalasHapus
  4. Surban(imamah)itu di kepala, yang di selendangkan itu rida, ke dua-duanya adalah sunnah

    BalasHapus

pengunjung