Rabu, April 10, 2013

Keajaiban dan Khasiat Air Zam-Zam


Dalam Hadits Rasulullah SAW dari Ibnu Abbas Radhiallaahu ‘anhu : “Sebaik-baiknya air di muka bumi ialah air Zam-Zam. Padanya ada makanan yang menyegarkan dan penawar bagi segala penyakit.” .

Air Zam-zam, inilah air yang sangat istimewa bukan hanya umat islam saja yang mengakui keajaiban dalam air zam-zam yang memiliki khasiat dan manfaat yang fenomenal, bahkan umat beragama lainpun mengakui kedahsyatan air zam-zam. berbagai penelitian dilakukan olah beberpa bidang keilmuan yang hasilnya sangat menakjubkan.

Asal-Usul Air Zam-Zam
Air Zam-Zam sendiri sejarahnya berawal dari kisah perjuangan Siti Hajar (Isteri Nabi Ibrahim A.S) mencari air untuk minum bayinya Ismail (Nabi Ismail) di padang antara bukit Shafa dan bukit Marwah. Setelah bolak-balik tujuh kali antara Shafa dan Marwah ternyata air ditemukan di bawah tendangan tumit kaki Ismail. Pengambilan nama Zam-Zam berasal dari teriakan Siti Hajar yang kaget dan berseru “zummi, zummi” [berkumpullah, berkumpullah], maka dikenalah dengan nama air zam-zam.

Selama ribuan tahun bahka lebih dari 4.000 tahun, sumur air Zam-Zam telah diminum sekian ratus juta manusia dan ribuan hewan, namun tak pernah kering. Padahal air Zam-Zam gratis dapat diminum sepuasnya dengan sarana dan instalasi air Zam-Zam yang menyebar ke seluruh penjuru Mekah, tetap mengucur deras tak berhenti. Air zam-zam merupakan Suatu keajaiban dan berkah bagi para jamaah haji dan umrah yang berkunjung ke baitullah (rumah Allah).

Kandungan Air Zam-Zam
Apakah Kandungan dari Air Zam-Zam? Dari penelitian yang ada diketahui bahwa air Zam-Zam mengandung fluoride yang memiliki daya efektif membunuh kuman dan membuat air Zam-Zam seolah-olah sudah mengandung obat.

Perbedaan Air Zam-Zam dengan air sumur lain di kota Mekah dan kota lain adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesiumnya. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air Zam-Zam yang menyebabkan air Zam-Zam menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan. Kehebatan lain adalah sumur air Zam-Zam tidak pernah ditumbuhi lumut, padahal di seluruh dunia sumur mana pun selalu ditumbuhi lumut dan tumbuhan mikroorganisme.

Keajaiban Air Zam-Zam tidak tertandingi, termasuk air termurni di Kutub Utara dan Selatan sekalipun. Hal ini dibuktikan oleh seorang doktor dari Universitas Yokohama, Dr. Masaru Emoto. Dr. Masaru Emoto berhasil mendapati bahwa air tersebut memiliki daya penyembuhan yang luar biasa. Keajaiban struktur air Zam-Zam telah dibuktikan Dr. Masaru Emoto dalam suatu penelitian yang dipaparkan dalam sebuah seminar di Malaysia. Kesimpulannya adalah bahwa tak ada kandungan air di dunia yang menyamai kandungan air Zam-Zam.

Dibeberkan bahwa molekul Air Zam-Zam merupakan molekul air paling cantik dan indah di antara air lainnya. Emoto menjelaskan bagaimana sebuah kata yang diucapkan dapat mempengaruhi bentuk molekul air. Tentu saja setiap do’a yang terhembus dari setiap jamaah haji dan umroh selama ini menjadikan Air Zam-Zam sebagai air terindah yang akan terus menghapus dahaga rohani setiap tamu Allah di Mekkah.

Khasiat Air Zam-Zam
Air Zam-Zam merupakan salah satu bahan yang dijadikan obat pada berbagai pengobatan, terutama pengobatan thibbun nabawi seperti klinik terapi bekam, diantara yang menjadi dasanya adalah hadits :

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” HR. Muslim dalam Kitab Keutamaan Para Sahabat, Bab Keutamaan Abu Dzar, no. 4520.

“Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).” HR. Abu Daud Ath Thoyalisiy dalam musnadnya no. 459. Dikeluarkan pula oleh Al Haitsamiy dalam Majma’ Az Zawa-id, 3/286 dan Al Hindiy dalam Kanzul ‘Ummal, 12/34769, 3480.

Hadits Air Zam-Zam tersebut di atas menunjukkan khasiat air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa pula menjadi obat penyakit. Air zam-zam juga adalah air yang penuh keberkahan.

Beberapa khasiat lainnnya dari air zam-zam adalah :

Nutrisi dan kekuatan bagi ibu hamil
Memperbanyak dan memperbaiki kualitas ASI
Membersihkan wajah dan jerawat
Membersihkan dan menajamkan pandangan mata (pengobatan mata)
Menangkal pengaruh sihir
Mengenyangkan perut
Memperbaiki pencernaan
Melancarkan peredaran darah
Melancarkan Buang Air Besar
Energi dan meningkatkan stamina
dll.
Doa minum air zam-zam
“Allahumma innii as’aluka ilman naafi’an warizqon waasi’an wasyifa’an minkulli daa-in”

artinya :

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rizqi yang luas, dan obat dari segala penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung