Rabu, Maret 13, 2013

Sejuta Fungsi Madu Asli

Siapa tak mengetahui manfaat madu asli? Si manis yang memiliki segudang khasiat. Makanan yang baik bagi kesehatan ataupun kecantikan ini punya banyak sekali peminat. Madu yang dipercaya memiliki khasiat sebagai obat untuk menyembuhkan hanyalah madu asli, yaitu madu yang dikumpulkan dan diproses secara alami oleh lebah. Seperti yang kita ketahui madu asli diproduksi oleh lebah setelah mengumpulkan sari makanan dari bunga yang dia hinggapi. Di era yang modern ini peternakan madu telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berbagai alat yang membantu pekerjaan petani madu telah diciptakan, begitu pula dengan teknik dan cara ternak lebah madu. Para peternak lebah madu saat ini tidak lagi hanya mengandalkan dari bunga-bunga yang tersebar liar di hutan atau alam bebas, akan tetapi mereka sudah mengenal cara membudidayakan lebah dengan menempatkan perkebunan di dekat lokasi peternakan. Teknologi yang semakin modern juga dapat diselewengkan di dunia peternakan lebah madu, misalnya teknik mencampur madu dengan bahan-bahan lain sehingga diperoleh hasil dengan jumlah yang lebih banyak. Akan tetapi keaslian dari madu tersebut diragukan karena telah bercampur dengan bahan tambahan, sehingga manfaat madu asli tidak didapatkan oleh para pembeli madu tersebut. Dalam sesendok madu asli terkandung enzim-enzim hidup yang dapat memaksimalkan fungsi tubuh secara optimal. Selain itu, madu asli merupakan sumber gizi yang sangat lengkap. Terdapat beragam vitamin, protein, mineral, dan zat-zat lainnya yang baik untuk tubuh. Telah banyak penelitian dilakukan oleh para ahli untuk mengungkap manfaat dari madu asli ini. Kandungan gizi yang terdapat dalam madu sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia, tidak mengherankan kita mengenal sejarah bahwa madu banyak dipakai sebagai bahan pengobatan dan terapi di berbagai negara di dunia.
                           Beberapa Manfaat Madu Asli Bagi Tubuh
Madu menyimpan banyak manfaat bagi yang rutin mengkonsumsinya, salah satu kandungan madu yang bermanfaat adalah asetilkolin yang memiliki manfaat menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh kita. Madu asli akan sangat cepat terserap oleh sistem pencernaan tubuh, sehingga khasiat yang terdapat di dalam madu dapat dengan cepat dirasakan oleh peminumnya. Berikut ini adalah beberapa /manfaat madu asli/ yang untuk kesehatan tubuh:
1. Meningkatkan stamina dan memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan Manfaat madu asli yang dapat dicari oleh para pekerja atau karyawan adalah madu bisa meningkatkan stamina tubuh dan menghilangkan rasa lelah. Setelah seharian bekerja di kantor atau lapangan pekerjaan, kita dapat mengkonsumsi madu secukupnya guna mengembalikan lagi kesegaran badan kita. Kandungan gula dalam madu ternyata dapat mengusir kelelahan dan meningkatkan stamina tubuh kita. Caranya, cukup dengan meminum ½ sendok makan madu yang dicampur dengan satu gelas air putih ditambah sedikit bubuk kayu manis.
2. Mengurangi risiko penyakit jantung Madu terbukti dapat melancarkan pernapasan dan memperkuat detak jantung serta mengurangi risiko serangan jantung. Bila di lingkungan keluarga kita ada seseorang yang mempunyai gejala penyakit jantung, tidak ada salahnya kita menyarankan dia untuk rutin meminum madu untuk terapi pengurangan resiko terserang penyakit jantung.
3. Mengobati kanker Berdasarkan penelitian-penelitiah ilmiah mengenai kandungan dan manfaat madu murni, diketahui bahwa royal jelly serta vitamin C dan E sebagai antioksidan yang terkandung dalam madu dapat membantu mencegah penyakit kanker, sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pengobatan kanker.
4. Meredakan sakit kepala Bekerja dan belajar seharian akan memaksa otak kita untuk beraktivitas dengan keras. Madu dapat memberikan rasa tenang dan rileks pada para peminumnya, apalagi madu tersebut disajikan dengan cara yang tepat maka khasiat dari madu tersebut akan semakin terasa. Jika Anda mengalami sakit kepala, jangan terburu-buru memakan obat-obatan kimia. Anda bisa mencoba cara alami dengan mengonsumsi madu yang dicampur dengan segelas jus jeruk.
5. Memperlambat penuaan Bagi para wanita yang menyayangi kulitnya tidak harus pergi ke salon atau spa untuk menerima perawatan khusus yang memakan biaya yang cukup besar. Jika Anda ingin tampak awet muda, madu juga bisa membantu Anda. Caranya cukup dengan membuat ramuan sederhana dari 4 sdm madu yang dicampur dengan teh dan 1 sendok kayu manis bubuk, kemudian direbus dengan 3 cangkir air. Ramuan ini Anda minum setiap hari dan rasakan manfaat madu asli terhadap kesehatan kulit Anda!
 6. Mengobati kemandulan Manfaat madu memang tidak ada habisnya. Ternyata, madu juga dipercaya bisa mengobati kemandulan. Jika mengalami hal tersebut, tak ada salahnya Anda meminum 2 sdm madu secara teratur sebelum tidur. Manfaat madu asli ini dapat dicoba bagi pasangan suami istri yang belum mempunyai anak setelah sekian tahun menikah. Walaupun belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat madu asli terhadap kemandulan, akan tetapi mengkonsumsi madu dapat menyehatkan dan menyempurnakan fungsi-fungsi organ dan jaringan sel dalam tubuh. Dengan tubuh yang sehat maka akan terbentuk keluarga yang sehat pula.
7. Mengatasi bau napas tak sedap Jangan sampai Anda mengalami penyakit yang satu ini. Napas yang tidak sedap dapat mengganggu aktivitas dan pergaulan kita dengan orang lain, baik itu di tempat kerja maupun di lingkungan sekitar rumah. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi 1 sdt madu dan bubuk kayu manis, lalu campur dengan air panas. Minumlah di waktu pagi maka dapat membuat napas segar sehari penuh.
 8. Mengobati flu Sakit flu juga bisa diobati dengan madu. Cukup meminum 1 sdm madu dan ¼ sdt kayu manis bubuk setiap hari selama 3 hari. Sakit flu pasti akan segera berakhir.
 9. Mengatasi sakit gigi Madu bisa menghilangkan rasa ngilu ketika sakit gigi. Cara mengonsumsinya dengan memcampur 5 sdt madu dan 1 sdt bubuk kayu manis.
                           Manfaat Madu Asli Bagi Anak-Anak Dan Balita
 Manfaat madu asli juga dapat dirasakan oleh anak-anak yang masih kecil. Madu asli dapat meredakan batuk anak dengan cepat. Madu juga terbukti efektif meringankan batuk pada anak-anak dan membantu mereka tidur nyenyak di malam hari. Dengan istirahat yang cukup di malam hari maka kondisi tubuh anak akan cepat kembali pulih seperti semula. Manfaat madu asli juga dapat membantu pertumbuhan anak. Madu sangat bermanfaat membantu pertumbuhan anak. Madu mengandung asam folat yang berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan mereka. Tak heran jika banyak produk susu anak di pasaran yang memakai madu sebagai bahan penunjangnya. Madu yang kaya akan kandungan gizi dan kalori dapat melengkapi makanan yang dikonsumsi oleh anak dan balita sehari-hari. Tetapi jika pencernaan anak Anda tidak terbiasa dengan madu maka jangan dipaksa untuk mengkonsumsi madu dengan jumlah yang banyak, karena dapat mengganggu pencernaan dia sehingga dapat sakit perut seperti mencret.
                          Cara Menyajikan Madu Agar Disukai Anak
 Madu dapat disajikan dengan menu makanan lainnya agar anak lebih menyukai rasa madu, misalnya madu dapat dijadikan selai pada roti atau tambahan pada minuman dingin maupun yang hangat. Cara lain yang efektif adalah dengan memberikan cerita atau sugesti dalam bentuk lainnya yang dapat memotivasi anak menyukai madu. Setelah terbiasa dengan mengkonsumsi madu, keluarga akan semakin sehat dan berenergi dan merasakan manfaat madu asli. Mengonsumsi madu bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang terpenting kita mengonsumsinya secara teratur. Akan tetapi, ada kadar tertentu dalam mengonsumsi madu agar tidak berlebihan. Untuk pengobatan, sebaiknya mengonsumsi madu sebanyak 100 gram per hari, maksimal 200 gram. Namun, dalam sehari itu tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali. Jika dilakukan berlebihan, bisa mengakibatkan penyakit diabetes mellitus tipe II. Segera konsumsi madu agar Anda tetap bugar dan awet muda. Masih sangat banyak manfaat madu asli bagi kesehatan dan kebugaran jadi tunggu apa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung